Sejarah

Muhammadiyah adalah gerakan Islam yang mengemban misi dakwah dantajdid, berasas Islam bersumber pada al-Qurān dan al-Sunnah yang bertujuanmewujudkan masyarakat Islam  yang sebenar-benarnya, memajukan kehidupan umatdan bangsa, serta menyebarluaskan Islam sebagai rahmatan li al’ālamīn.  Misikerisalahan dan kerahmatan yang diemban Muhammadiyah tersebut secara nyatadiwujudkan melalui berbagai pengembangan amal usaha, program, dan kegiatanyang membawa kemaslahatan hidup bagi seluruh umat manusia.

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Aceh Barat Daya diresmikan pada tanggal 27 Sya’ban 1430 H atau bertepatan dengan tanggal 18 Agustus 2009 M oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah yaitu oleh Bapak Drs. H. M. Goodwil Zubir. Peresmian tersebut dilaksanakan seiring telah dikeluarkannya Izin Operasional STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional dengan Nomor : 062/D.O/2009 Tanggal 02 Juni 2009. Berdasarkan izin operasional tersebut, maka STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya telah membuka dua program studi yaitu program studi pendidikan Matematika dan program studi pendidikan Bahasa Inggris.

Sangat diharapkan dengan kehadiran  STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya ini akan dapat berperan aktif dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam melahirkan tenaga pendidik yang mempunyai sumber daya manusia yang profesional dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan ke depan, terutama di dalam mempersiapkan guru-guru dalam bidang studi Matematika dan Bahasa Inggris yang handal di bidangnya juga mempunyai kompetensi yang tinggi di dalam menjawab segala tantangan yang ada terutama tantangan dalam era globalisasi yang kian kompetitif ini.

STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya sebagai perguruan tinggi yang berkedudukan di Aceh Barat Daya, memiliki tugas tanggung jawab untuk mengembangkan sumberdaya manusia sesuai kebutuhan pembangunan, baik di wilayah Aceh Barat Daya, Aceh maupun kawasan nusantara, dengan mengingat pula kedudukannya sebagai bagian dari masyarakat ilmiah yang bersifat universal.

STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya mengemban misi Muhammadiyah dan Pemerintah untuk mewujudkan center of excellence (pusat keunggulan) di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta sebagai driving force (kekuatan penggerak) gerakan dakwah dan tajdid Muhammadiyah yang melintasi zaman untuk terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya dan memberi inspirasi serta kontribusi dalam mencerdaskan dan mencerahkan kehidupan bangsa.